Kacang Mente Goreng Tanpa Minyak aka Air Fryer Cashew Nut

Ada beli kacang mente mentah 1kg seharga Rp160,000 di warung samsat.
Coba goreng di air fryer zero fat ah. Alat sudah jadi milik sdn.bhd sejak 2 bulan yang lalu. Selama ini baru dibuat defrost daging sama panggang daging aja hahahaha.
Belum berani coba mode fry gegara goreng ikan jadinya kayak kerupuk!🙀

Sebelum diolah, kacang mente mentah direndam dulu di air hangat + 3 sdm garam selama 3-5 menit lalu dibilas. Infonya ini untuk menghilangkan lapisan getah di kacangnya juga asam nitrat di kacang-kacangan. Selanjutnya bilas beberapa kali sampai air agak jernih'an. Kalau saya bilasannya ada 4-5x (kalo ga salah ingat).

Lalu sementara kacang ditiriskan, buka buku resep dari air fryernya deh. Kalau untuk goreng cashew 250gr caranya tekan mode fry lalu roll trus setting suhu 180C selama 15menit. Oke lah coba sejumput aja dulu.
Ehh ternyata belum mateng dong! Saya tambah lagi 10menit, masih putih aja luarnya. Tambah lagi 10menit eh baru agak kekuningan.
Percobaan 180C x 25 menit. Kalo ikut buku resep 180C x 15menit hasilnya gak mateng n masih melempem
Hasil dengan settingan 200C x 10menit


Percobaan part 2, suhunya saya setting di 200C selama 10menit, hasilnya oke garing tapi warna kurang cantik jadi tambah 5menit lagi baru perfecto!
Perfecto dengan 200C x 15menit 😍



Sisa cashew semuanya saya pake settingan 200C + 15menit. Kata si hubby enak malah seperti yang dioven. Seluruh ruangan jadi wangi hmmm....jadi semangat mau coba lagi pake tambahan bumbu ah! 💞💞

No comments: